Sabtu, 20 Agustus 2011

Belajar Komputer


Komputer
Komputer : mesin elektronik yang bisa memproses informasi sesuai dengan perintah (algoritma) yang diberikan.
Algoritma  : sederetan langkah tertentu yg digunakan unuk menyelesaikan masalah.
CPU/Processor
Berupa sebuah chip microprosesor yang berfungsi sebagai otak dari sistem komputer. Semua kegiatan dan proses yang dilakukan komputer dikendalikan oleh CPU. Mengkoordinasi seluruh operasi komputasi, merupakan organissasi aritmatika, melakukan operasi logika, mengendalikan kerja seluruh sistem.

MOTHERBOARD
Berupa circuit board utama dimana semua komponen internal saling terhubung. Komponen/ sistem yang lain seringkali juga langsung terintegrasi di dalamnya / terkoneksi dengan sebuah interface. pada motherboard terdapat jalur data (bus).
Komponen di dalam Motherboard :
  1. Slot dan soket prosesor
Tempat meletakkan dan memasang prosesor di motherboard dengan dilengkapi kait pengunci agar prosesor yang terpasang tidak bergerak.
  1. Slot Ekspansi
Tempat untuk meletakkan segala jenis card, seperti VGA card, modem, sound card, LAN card.
-          Slot ISA : Berwarna hitam dan hanya memiliki satu kanal
-          Slot PCI (Pheripheral component interconnect) :  Untuk menghubungkan komponen tambahan ke computer. Berwarna putih dan tediri dari dua kanal
-          Slot AGP : Menggunakan jalur khusus data grafis dengan slot tersendiri. Kerja AGP dua kali lebih cepat daripada PCI
-          Slot AMR (Audio modem Riser) : Digunakan untuk audio atau kartu modem
  1. Slot Memori/RAM
Untuk meletakkan RAM. Slot memori sangat mudah dikenali karena memunyai kaki pin (kaki) yang banyak.
Jenis slot RAM :
-          Slot RAM EDO dengan kaki 30 pin
-          Slot SDRAM dengan kaki 168 pin
-          Slot DDR SDRAM dengan kaki 182 pin
-          Slot RDRAM (Rambus) dengan kaki 182 pin
  1. Chipset
Berfungsi sebagai jembatan aliran data dan mengatur serta mengontrol beberapa komponen utama dan tambahan pada motherboard. Chipset terdiri atas :
-          Cip northbridge (chipset utama) : berfungsi sebagai pengatur alur data kinerja prosesor untuk berhubungan dengan komponen utama, misalnya slot memori, slot AGP, slot PCI
-          Cip southbridge : pengatur alur data kinerja prosesor untuk berhubungan dengan komponen sekunder, misalnya control IDE/harddisk, drive, DMA, USB, dan interrupt
  1. BIOS
Dibuat oleh pabrik pembuat motherboard. Berfungsi membaca dan mendata komponen hardware yang terpasang pada  motherboard.
  1. Baterai BIOS
Merupakan sumber tegangan bagi BIOS yang berfungsi menyimpan konfigurasi setting BIOS agar tidak berubah setiap computer dimatikan atau dinyalakan.
  1. Port komunikasi
Adalah jembatan untuk mentransfer data ke peripheral atau hardware.
-          Port paralel : port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara paralel. Contoh : printer dan scanner
-          Port serial : port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh : mouse dan modem.
-          Port AT/PS2 : port ini pada umumnya digunakan untuk masukan keyboard dan mouse. Mouse memiliki port PS2 berwarna hijau, sedangkan keyboard berwarna ungu.
-          Port USB (universal serial bus) : merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh : camera digital, handycam, gamepad
-          Port VGA : port yang berhubungan langsung dengan monitor
-          Port audio : port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio, misalnya tape, radio, speaker, mikrofon.
-          Port games : digunakan untuk para gamers untuk menyambung gamepad atau joystick  

  1. Interface IDE : digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan komponen-komponen penyimpan data yang bertipe IDE, seperti Harddisk, CD-ROM, DVD-ROM. Interface IDE mempunyai 40 pin.
  2. Port Floppy disk (FDD) : mirip dengan port IDE, tetapi hanya tediri dari 34 pin. ciri khusus adalah adanya tanda sobekan pada kabel datanya. Port FDD berguna sebagai tempat meletakkan atau menancapkan kebel FDD yang terhubung dengan floppy disk.
  3. Pin group atau front panel : sekumpulan konektor yang berhubungan dengan kabel reset, HDD LED, power LED, speaker casing, dan saklar ON /OFF pada casing
  4. Port power supply : sebagai tempat meletakkan atau menancapkan konktor kabel power supply yang ada pada casing
  5. Setting jumper : adalah cara untuk mengaktifkan atau tidak suatu peralatan pada kondisi tertentu. Cara mrlakukan setting jumper adalah dengan menghubungkan satu pin ke pin lain dengan menggunakan “jumper” (sebuah kotak kecil berwarna-warni yang mempunyai dua lubang untuk dimasukkan ke pin).   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar