Sabtu, 13 Agustus 2011

KEWIRAUSAHAAN

I
KEWIRAUSAHAAN
A.   PENGERTIAN
Kewirausahaan adalah tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan yang membuahkan hasil berupa organisasi, usaha yang melembaga, produktif dan inovatif. Kewirausahaan bersakutan dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain berswadaya.
B.   TUJUAN
1.   meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas
2. mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masarakat
3.   membudayakan semangat, sikap, perilakudan kemampuan di kalangan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul.
4.  menumbuhkembangkan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat
C.   MANFAAT
1.   menambah daya tampung tenaga kerja, sehingga saat mengurangi pengangguran
2.  memberi contoh bagaimana harus bekerja keras, tekun dan punya pribadi yang unggul yang patut diteladani
3. berusaha mendidik ara karyawannya menjadi orang yang mendiri, disiplin, tekun, an jujur dalam menghadapi pekerjaan
4.  berusaha mendidik masyarakat agar hidup secara efisien, tidak berfoya-foya, dan tidak boros.
E.   ASAS KEWIRAUSAHAAAN
1.  kemampuan untuk berkarya dalam kebersamaan dalam etika bisnis yang sehat
2.  kemamuan bekerja secara tekun, teliti, dan produktif
3.  kemampuan memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistematis termasuk keberanian mengambil resiko bisnis
4.  kemampuan berkarya dengan semangat kemandirian
5.  kemampuan berfikir dan bertindak kreatif dan inovatif

II
WIRAUSAHA
Beberapa pengertian tentang wirausaha :
1.  Wirausaha adalah orang yang berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain. (Gede Prama SWP, 09/XI/1996)
2.   Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memerkenalkan barang dan jasa yang baru dengan mencitakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru 
3.  Wirausaha menurut pandangan :
a.  pemodal, wirausaha adalah seorang yang menciptakan kesejahteraan buat orang lain yang menemukan cara-cara baru untuk menggunakan resources, mengurangi pemborosan dan membuka lapangan kerja yang disenangi oleh masyarakat.
b.  ekonom, wirausaha adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisir faktor-faktor produksi, alam, tenaga kerja, modal dan skill untuk tujuan berproduksi.
c.  psikolog, wirausaha adalah seorang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam untuk memperoleh suatu tujuan, suka mengadakan eksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan orang lain

SYARAT WIRAUSAHA
untuk menjadi wirausahawan yang baik dan sukses syaratnya sebagai berikut :
1.  tidak konsumtif dan boros
2.  harus mengutamakan keberhasilan
3.  harus mampu bergaul dan bersifat luwes
4.  harus mampu mengorganisasi diri
5.  harus berwatak baik dan tinggi
6.  harus terampil, berfikir positif, ulet dalam arti analisis harus tepat, sistematis, dan metodologis
7.  harus memiliki semangat tinggi, berani dan bertanggung jawab
8.  harus memiliki pendidikan formal.
III
WIRAUSAHAWAN
wirausahawan adalah seorang yang berprofesi di bidang usaha untuk kehidupannya. seorang wirausahawan sejati tidak menggantungkan hidupnya pada siapapu, mereka merintis usaha melalui suatu cara yang rumit dan tiak mudah, sehingga kadang-kadang mengalami suatu kegagalan.
KARAKTERISTIK WIRAUSAHAWAN
karakteristik adalah sifat atau tingkah laku yang khas dari wirausahawan yang membedakannya dari orang lain. 5 karakteristik utama seorang wirausahawan yaitu :
1.  Sikap dan Perilaku Disiplin
Disiplin adalah usaha untuk mengatur atau mengontrol kelakuan yang harus dicapai, dilarang atau diharuskan. pentingnya disiplin belajar bekerja, berkarya dan berpartisipasi adalah sebagai berikut :
- menciptakan iklim belajar, bekerja, berkarya dan berpartisipasi yang menyenangkan
- meningkatkan prestasi belajar, bekerja dan berpartisipasi
- menghargai usaha-usaha secara aktif dan produktif
- adanya hormat menghormati semua pihak
- suasana yang menyenangkan
- konsep disiplin dapat diterima semua pihak
2.  Komitmen Tinggi
Adalah fokus pikiran diarahkan kepada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya untuk memperoleh hasil yang maksimal. wirausahawan yang memiliki komitmen tinggi dalam usahanya diharapkan :
- bisa mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya minimal
- dapat mempergunakan sumber daya secara lebih efisien
- menerapkan dan maningkatkan serta menjalankan usahanya
- meningkatkan kesuksesan
- meningkatkan rasa kepercayaan
- meningkatkan etos semangat kerja bagi pribadinya dan karyawannya
3. Jujur
Pengertian jujur adalah kemauan dan kemampuan seseorang untuk mengungkapkan sesuatu sesuai apa adanya.
4. Kreatif dan Inofatif
kreatifitas diartikan kemamuan untuk membuat kombinasi baru.
inofatif adalah suatu proses mengubah peluang menjadi gagasan atau ide-ide yang dapat dijual dan merupakan hal atau terobosan baru.
5. Mandiri dan Realistis 
wirausahawan yang berhasil dalam menjalankan usahanya secara mandiri dan realistis akan menyadari bahwa dalam menjalankan pekerjaannya selalu berdasarkan atas bakat dan kemampuan yang dimiliki (realistis) dan bekerja menurut keyakinan, serta kemampuan sendiri (mandiri) dan percaya kepada nasibnya sendiri.
 .
Keberhasilan seorang wirausahawan biasanya erat kaitannya dengan hal-hal berikut :
1.  Sikap Jujur
- jujur terhadap dirinya sendiri
- jujur terhadap orang lain
- jujur terhadap tujuan yang akan dicapai
2.  Disiplin dan Berani
3.  Dapat Melaksanakan Prinsip Manajemen yang Baik
Beberapa hal yang dapat menyebabkan kegagalan dalam berwirausaha :
1.  tidak adanya perencanaan yang matang
2.  bakat yang tidak cocok
3.  kurang pengalaman
4.  tidak mempunyai semangat berwirausaha
5.  kurangnya moal
6.  lemahnya peasaran
7.  tidak mempunyai etos kerja yang tinggi. 

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus